RSS

RPP Kelas 2 SMT 2

28 Des

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan

:

SMA NEGERI 1 LISABON

Mata Pelajaran

:

SOSIOLOGI

Kelas / semester

:

XI IPS/ 1

Alokasi waktu

:

15 x 45 menit

     

Standar kompetensi

:

Mendeskripsikan kelompok sosial dalam masyarakat multikultural

Kompetensi dasar

:

Mendesripsikan keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat multikultural

Indikator

:

§Mendeskripsikan interseksi

§Mendeskripsikan konsolidasi

§Mendeskripsikan mutual akulturasi

§Mendeskripsikan stereotip etnis

§Mendeskripsikan etnosentrisme

§Mendeskripsikan politik aliran


A.  Tujuan Pembelajaran

1.Siswa dapat mendeskripsikan interseksi

2.      Siswa dapat mengidentifikasi konsolidasi

3.      Siswa dapat mendeskripsikan mutual akulturasi

4.      Siswa dapat mendeskripsikan stereotip etnis

5.      Siswa dapat mendeskripsikan etnosentrisme

6.      Siswa dapat mendeskripsikan politik aliran

B.  Materi Pokok / Pembelajaran

Konsekuensi Masyarakat Multikultural

C. Metode Pembelajaran

     Diskusi kelompok, role play, jigsaw

      D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1 (3 JP)

1.    Kegiatan Awal (10’)

·      Mengajukan beberapa pertanyaan tentang materi pelajaran yang lalu yaitu masyarakat multikultural

·      Menginformasikan tujuan pembelajaran pada pertemuan kali ini yaitu mendiskusikan tentang interseksi

2.    Kegiatan Inti (115’)

·      Eksplorasi

ØSiswa dibagi menjadi beberapa kelompok

ØMasing-masing kelompok mengkaji tentang interseksi

ØKelompok 1 mengkaji tentang pengertian interseksi

ØKelompok 2 mengkaji tentang dampak interseksi

ØKelompok 3 mengkaji tentang saluran interseksi melalui perdagangan

ØKelompok 4 mengkaji tentang saluran interseksi melalui perindustrian

ØKelompok 5 mengkaji tentang saluran interseksi melalui pendidikan

ØKelompok 6 mengkaji tentang saluran interseksi melalui politik

·      Elaborasi

ØBeberapa kelompok mempresentasikan materi interseksi sesuai dengan tugas yang diberikan

ØKelompok lain memperhatikan presentasi dan mempersiapkan kritik dan saran

·      Konfirmasi

ØGuru memberikan konfirmasi dengan memberikan tanggapan terhadap komentar siswa dalam diskusi kelompok

3.    Kegiatan Akhir (10’)

·      Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang materi yang telah diajarkan

·      Menunjuk beberapa orang siswa untuk menyimpulkan materi pelajaran

Pertemuan 2 (3 JP)

1.    Kegiatan Awal (10’)

·      Mengajukan beberapa pertanyaan tentang materi pelajaran yang lalu yaitu interseksi

·      Menginformasikan tujuan pembelajaran pada pertemuan kali ini yaitu mendiskusikan tentang konsolidasi

2.    Kegiatan Inti (115’)

·      Eksplorasi

ØSiswa dibagi menjadi beberapa kelompok

ØMasing-masing kelompok mendiskusikan tentang konsolidasi

·      Elaborasi

ØMasing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi

·      Konfirmasi

ØGuru memberikan konfirmasi dengan memberikan penekanan pada materi diskusi dan meluruskan jawaban-jawaban serta tanggapan yang tidak tepat

3.    Kegiatan Akhir (10’)

·      Masing-masing kelompok yang telah mempresentasikan hasil diskusi mereka memberikan kesimpulan

·      Memberikan pertanyaan tentang materi yang telah dipresentasikan untuk menambah pemahaman siswa

Pertemuan 3 (1 JP)

1.    Kegiatan Awal (5’)

·      Mengajukan beberapa pertanyaan tentang materi pelajaran yang lalu yaitu konsolidasi

·      Menginformasikan tujuan pembelajaran kali ini yaitu mendiskusikan tentang mutual akulturasi

2.    Kegiatan Inti (30’)

·      Eksplorasi

ØSiswa dibagi menjadi beberapa kelompok

ØMasing-masing kelompok mediskusikan tentang mutual akulturasi

·      Elaborasi

ØMasing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi

ØKelompok lain menanggapi dengan memberikan pertanyaan dan sanggahan

·      Konfirmasi

ØGuru memberikan konfirmasi dengan memberikan penekanan pada materi diskusi dan meluruskan jawaban-jawaban serta tanggapan yang tidak tepat

3.    Kegiatan Akhir (10’)

·      Masing-masing kelompok yang telah mempresetasikan hasil diskusinya memberikan kesimpulan

·      Memberikan penguatan terhadap materi yang telah dibahas melalui diskusi kelompok

Pertemuan 4 (2 JP)

1.    Kegiatan Awal (10’)

·      Mengajukan beberapa pertanyaan tentang materi pelajaran yang lalu yaitu tentang mutual akulturasi

·      Menginformasikan tujuan pembelajaran hari ini yaitu tentang stereotip etnis

2.    Kegiatan Inti (70’)

·      Eksplorasi

ØSiswa dibagi menjadi beberapa kelompok

ØMasing-masing kelompok mendiskusikan tentang stereotip etnis

·      Elaborasi

ØMasing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi

ØKelompok lain menanggapi dengan memberikan pernyataan dan sanggahan

·      Konfirmasi

ØGuru memberikan konfirmasi dengan memberikan penekanan pada materi diskusi dan meluruskan jawaban-jawaban serta tanggapan yang tidak tepat

3.    Kegiatan Akhir (10’)

·      Masing-masing kelompok yang telah mempresetasikan hasil diskusinya memberikan kesimpulan

·      Memberikan penguatan terhadap materi yang telah dibahas melalui diskusi kelompok

Pertemuan 5 (2 JP)

1.    Kegiatan Awal (10’)

·      Mengajukan beberapa pertanyaan tentang materi pelajaran yang lalu yaitu stereotip etnis

·      Menginformasikan tujuan pembelajaran hari ini yaitu tentang etnosentrisme

2.    Kegiatan Inti (70’)

·      Eksplorasi

ØSiswa dibagi menjadi beberapa kelompok

ØMasing-masing kelompok mendiskusikan tentang etnosentrisme

ØAdapun materi yang didiskusikan:

üDefinisi etnosentrisme

üKepribadian dan etnosentrisme

üPengaruh etnosentrisme

·      Elaborasi

ØMasing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi

ØKelompok lain menanggapi dengan memberikan pernyataan dan sanggahan

·      Konfirmasi

ØGuru memberikan konfirmasi dengan memberikan penekanan pada materi diskusi dan meluruskan jawaban-jawaban serta tanggapan yang tidak tepat

3.    Kegiatan Akhir (10’)

·      Masing-masing kelompok yang telah mempresetasikan hasil diskusinya memberikan kesimpulan

·      Memberikan penguatan terhadap materi yang telah dibahas melalui diskusi kelompok

Pertemuan 6 (1 JP)

1.    Kegiatan Awal (5’)

·      Mengajukan beberapa pertanyaan tentang materi pelajaran yang lalu yaitu etnosentrisme

·      Menginformasikan tujuan pembelajaran hari ini yaitu tentang politik aliran

2.    Kegiatan Inti (30’)

·      Eksplorasi

ØSiswa dibagi menjadi beberapa kelompok

ØMasing-masing kelompok mendiskusikan tentang politik aliran

ØAdapun materi yang didiskusikan:

üGolongan priyayi

üGolongan abangan

üGolongan santri

·      Elaborasi

ØMasing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi

ØKelompok lain menanggapi dengan memberikan pernyataan dan sanggahan

·      Konfirmasi

ØGuru memberikan konfirmasi dengan memberikan penekanan pada materi diskusi dan meluruskan jawaban-jawaban serta tanggapan yang tidak tepat

3.    Kegiatan Akhir (10’)

·      Masing-masing kelompok yang telah mempresetasikan hasil diskusinya memberikan kesimpulan

·      Memberikan penguatan terhadap materi yang telah dibahas melalui diskusi kelompok

E.   Alat, bahan dan sumber belajar

·    Wikipedia ensiklopedi, Sosiologi suatu pengantar (Soerjono Seokanto),  Sosiologi (Paul B Horton dan Charles L Hunt)

·    Sumber dari artikel, internet dan bahan lain yang relevan

F.      Penilaian

Penilaian Performans

·         Performans tentang konsekuensi masyarakat multikultural

·         Aspek yang dinilai:

·         Kecakapan akademis

·         Kecakapan sosial

                                       Pedoman penskoran:

No.

Aspek Yang Dinilai

Kriteria

1.

1.   Kecakapan akademis

·         Penguasaan materi

Skor 5, jika penguasaan materi sangat baik

Skor 4, jika penguasaan materi baik

Skor 3, jika penguasaan materi sedang

Skor 2, jika penguasaan materi kurang

Skor 1, jika penguasaan materi sangat kurang

 

·         Pengembangan konsep

Skor 5, jika mampu mengembangkan konsep dengan sangat baik

Skor 4, jika mampu mengembangkan konsep dengan baik

Skor 3, jika cukup pengembangan konsepnya

Skor 2, jika kurang pengembangan konsepnya

Skor 1, jika sangat kurang pengembangan konsepnya

2.

Kecakapan sosial

·         Penghayatan peran

Skor 5, jika penghayatan peran sangat baik

Skor 4, jika penghayatan peran baik

Skor 3, jika penghayatan peran cukup

Skor 2, jika penghayatan peran kurang

Skor 1, jika penghayatan peran sangat kurang

 

·         Intonasi suara

Skor 5, jika intonasi suara sangat baik pada saat penampilan

Skor 4, jika intonasi suara baik pada saat penampilan

Skor 3, jika intonasi suara cukup pada saat penampilan

Skor 2, jika intonasi suara kurang pada saat penampilan

Skor 1, jika intonasi suara sangat kurang pada saat penampilan

 

·         Ekspresi

Skor 5, jika ekspresi sangat baik

Skor 4, jika ekspresi baik

Skor 3, jika ekspresi cukup

Skor 2, jika ekspresi kelompok kurang

Skor 1, jika ekspresi sangat kurang

 

FORMAT PENILAIAN PERFORMANS TENTANG KONSEKUENSI MASYARAKAT MULTIKULTURAL

No.

Aspek Yang Dinilai

Nama

Siswa

Kecakapan Akademis

Kecakapan Sosial

Penguasaan Konsep

Pengembangan Konsep

Penghayatan peran

Intonasi suara

ekspresi

1.

           

2.

           

3.

           

4.

           

5.

           

6.

           

7.

           

8.

           

                                                                                                Lisabon, 28 Desember 2011

Mengetahui

Kepala Sekolah                                                           Guru Mata Pelajaran

Ferdinanad, S.Pd                                                             Anggun K,S.Pd

NIP. 196502101988031009                                            NIP.198202032008031001

About these ads
 
Tinggalkan komentar

Posted by pada Desember 28, 2011 in TUGAS RPP

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: