RSS

Puskesmas Cepu

28 Nov

 

Kecamatan Cepu merupakan salah satu kecamatan yang berada di kawasan Blora, Jawa Tengah. Letak dari kecamatan ini boleh dikatakan strategis karena berbatasan dengan  Jawa Timur dan di lewati oleh jalan yang menghubungkan Surabaya-Purwodadi dan Semarang.  Kecamatan ini memiliki luas wilayah kurang lebih 49.15 km2 ( kecamatan terkecil di Kabupaten Blora) dan terdiri dari 6 kelurahan serta 11 desa dengan jumlah penduduk kurang lebih 74.927 jiwa terdiri dari 36.742 laki-laki dan 38.185 perempuan. Sebagai sebuah kecamatan, Cepu sendiri  dapat dikatakan sebagai salah satu kecamatan yang memiliki potensial SDA, misalnya saja kandungan minyak bumi dan hutannya (jumlahnya sekarang sedikit), sehingga tidak mengherankan banyak terdapat instansi yang bergerak disektor tersebut dan mendominasi kota Cepu. Instansi yang bergerak di sektor perminyakan diantaranya PT Pertamina, Pusdiklat Migas Depertemen Energi dan Sumber Daya Mineral ( DESDM) serta perusahan asing yakni Exxon Mobile, sedangkan yang bergerak di sektor perhutanan misalnya Perum Perhutani.


Di banding dengan Blora yang merupakan ibu kota kabupaten, Cepu sendiri jauh lebih ramai. Oleh karenanya  berbagai fasilitas penunjang dibangun disana, misalnya fasilitas transaksi keuangan seperti Bank dan juga fasilitas layanan kesehatan.

Khusus untuk layanan kesehatan, terdapat beberapa fasilitas kesehatan yang ada di Cepu antar lain rumah sakit dan puskesmas. Rumah sakit yang ada di kecamatan Cepu misalnya RSU Suprapto Cepu, tipe C, dengan alamat Jln. RSU No.50 Cepu, RS PPT Migas Cepu dengan alamat Jln. Diponegorao No. 9 Cepu, RS PKU Muhammdiyah dengan alamat Jln. RSU Cepu dan RS Bersalin NU dengan alamat Jln. Gajahmada Cepu sedangkan untuk puskesmas, jumlahnya tak sebanyak keberadaan rumah sakit, yakni hanya ada satu puskesmas yang bernama Puskesmas Cepu dengan alamat Jln Diponegoro No.52. Dari sekian layanan kesehatan yang ada di kecamatan Cepu, Puskesmas Cepu yang saya datangi sebagai tempat melakukan penelitian , dan berikut adalah hasil penelitian saya di Puskesmas Cepu:

a)      Visi dan Misi

Puskesmas Cepu memiliki visi dan misi yang meliputi

Visi: :         menjadi pusat pelayanan kesehatan yang bermutu menuju cepu yang sehat

Misi:

·         menggerakkan  pembangunan kecamatan yang berwawasan kesehatan

·         mendorang kemandirian masyarakat untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan serta kebersihan lingkungan

·         meningkatkan pelayanan kesehatan yang bermutu merata dan terjangkau

Di puskesmas tersebut terdiri dari beberapa ruangan, diantaranya ruangan resepsionis yang berada di dekat pintu masuk, ruang pemeriksaan  dan ruang laboratorium. Puskesmas Cepu juga memberikan fasilitas, baik bagi peserta PJPKMM ( Program jaminan kesehatan pemeliharaan kesehatan masyrakat miskin) dan juga bagi peserta PNS ( PNS, Pensiun an PNS, dll).

Fasilitas bagi peserta PJPKMM ( Program jaminan kesehatan pemeliharaan kesehatan masyarkat miskin) dan peserta PNS (PNS, Pensiunan PNS, dll) Meliputi:

·         Konsultasi medis dan penyuluhan kesehatan

·         Pemeriksaan fisik

·         Laboratorium sederhana HB dan reduksi

·         Tindakan medis

·         Pemeriksaan dan pengobatan gigi ( cabut dan tambal)

·         Pemerikasaan ibu hamil, nifas, menyusui , bayi dan balita

·         Pelayanann kb , pil kondom, I UD, dan suntik fase 3 bulan dan penyembuhan efek samping

·         Pemberian obat dan alat habis pakai sesuai ketentuan obat PT ASKES

·         Pelayanan imunisasi dasar

·         Nb: pelayanan selain ketentuan diatas diperlakukan seperti pasien umum ( bayar)

Pelayanan di puskesmas terdiri dari beberapa poliklinik yang meliputi:

1.      Poli umum, melayani:

·         rawat jalan tingkat dasar

·         pemeriksaan haji, calaon pengantin, keur kesehatan

·         mtbs ( manejemen terpadu balita sakit)

2.      Poli gigi, melayani:

·         melayani pemeriksaan dan oengobatan penyakit gigi, penambalan , pencabutan dan pembersihan karang gigi

3.      Poli KIA ( kesehatan ibu dan anak), melayani:

·         pemerikasaan ibu hamil dan nifas

·         pelayanan akseptor kb ( iud, kondom, suntik, pil dan implant)

4.      Poli imunisasi, melayani:

·         imunisasi bayi, LIL ( BCG, HB neo, DPT,Combo, polio, campak, imunisasi calon pengantin, dan iminisasi ibu hamil

5.      Poli UGD, melayani:

·         perawatan luka, khitan tindik

6.      Laboratorium, melayani:

·         pemeriksaan

·         gula darah

·         kadar HB

·         kolestrol darah

·         tringliserine darah

·         urine lengkap

·         glukosa dalam urine

·         asam urat

 

7.      Konseling gizi

8.      Konseling kesehatan remaja

9.      Rujukan umum, askes, jamkesmas dan jamkesda

Rata- rata pasien yang datang di puskesmas tersebut adalah ibu-ibu hamil, ibu dengan anaknya yang masih bayi atau balita, dan manula. Dapat dikatakan bahwa puskesmas yang berada dekat pemukiman warga ini tetap dikunjungi oleh banyak masyrakat meskipun telah banyak berdiri layanan kesehatan lainnya seperti rumah sakit yang fasilitasnya jauh lebih lengkap. Per harinya ada kurang lebih 50 orang yang datang ke puskesmas. Jenis penyakit yang di dibawa oleh pasien umumnya pun beragam, namun masih tergolong sebagai penyakit ringan seperti sakit gigi yang salah satu dokternya adalah Drg.yul p.  Penyakit lainnya adalah seperti batuk dan demam yang kebanyakan diderita oleh balita, namun itu belum termasuk dengan penyakit yang masih dalam tahap diagnose dokter seperti asam urat ataupun kencing manis dengan salah satu dokter umumnya bernama Dr. bowo luhur S. Untuk ruang pasiennya puskesmas ini hanya menyediakan kurang lebih hampir 10 kamar, dimana kamar-kamar  tersebut pada umunya tidak dibagi menjadi kamar dengan kelas-kelas sendiri seperti yang ada dirumah sakit.

Jadi dapat dikatakan, meskipun sudah berdiri beberapa rumah sakit di kecamatan Cepu, namun nampaknya puskesmas ini tetap menjadi pilihan oleh masyarakat. Sebagai layanan kesehatan yang ada di kecamatan Cepu, puskesmas ini berusaha untuk semaksimal mungkin memberikan pelayanan yang terbaik untuk para pasien yang datang.

 

 

 

 


 

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada November 28, 2011 in Sosiologi Kesehatan

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: