RSS

RPP SMA KELAS 2 SMT 2

28 Des

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan     

:

SMA NEGERI 1 LISABON

Mata Pelajaran

:

SOSIOLOGI

Kelas / semester

:

XI IPS / 2

Alokasi waktu

:

15 x 45 menit

     

Standar kompetensi

:

Mendeskripsikan kelompok sosial dalam masyarakat multikultural

Kompetensi dasar

:

Mendeskripsikan berbagai kelompok sosial dalam masyarakat multikultural

Indikator

:

§Mendefinisikan kelompok  sosial

§Mendeskripsikan syarat terbentuknya kelompok sosial

§Mengidentifikasi macam-macam kelompok sosial

§Mengidentifikasi kelompok sosial yang tidak teratur

§Mendeskripsikan masyarakat setempat


A. Tujuan Pembelajaran

Setelah proses pemebelajaran, siswa diharapkan dapat:

1.      mendeskripsikan kelompok sosial

2.      mendeskripsikan syarat terbentuknya kelompok sosial

3.      mengidentifikasi macam-macam kelompok sosial

4.      mengidentifikasi kelompok sosial yang tidak teratur

5.      mendeskripsikan masyarakat setempat

B.  Materi Pokok / Pembelajaran

Kelompok Sosial

C.  Metode Pembelajaran

Diskusi kelompok, role play, quantum learning, problem solving

D.  Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1 (2 JP)

1.    Kegiatan Awal (10’)

·      Menginformasikan standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator serta materi pokok yang akan dipelajari di kelas XI IPS

·      Menginformasikan tujuan pembelajaran untuk pertemuan kali ini yaitu mendeskripsikan kelompok sosial sosial

2.    Kegiatan Inti (70’)

·      Eksplorasi

ØSiswa secara berkelompok mendiskusikan definisi kelompok sosial

ØMasing-masing kelompok memberikan contoh kelompok sosial

·      Elaborasi

ØBeberapa kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang definisi kelompok sosial

·      Konfirmasi

ØGuru memberikan konfirmasi dengan mengoreksi pendapat yang salah dan memberikan penegasan pada jawaban yang benar

ØKelompok yang mengajukan jawaban yang kurang tepat diharapkan memperbaiki jawaban tersebut

3.    Kegiatan Akhir (10’)

·      Memberi postest kepada siswa secara lisan untuk menggugah ingatan siswa terahadap materi pelajaran

·      Menunjuk beberapa orang siswa untuk menyimpulkan materi yang telah dipelajari

Pertemuan 2 (1 JP)

1.    Kegiatan Awal (5’)

·      Memberikan pertanyaan kepada siswa tentang materi pelajaran yang lalu untuk mengulang kembali materi yang telah diajarkan

·      Menginformasikan tujuan pembelajaran untuk pertemuan kali ini yaitu mengkaji tentang proses terbentuknya kelompok sosial

2.    Kegiatan Inti (30’)

·      Eksplorasi

ØSiswa dibagi menjadi beberapa kelompok

ØTiap-tiap kelompok mendiskusikan tentang proses terbentuknya kelompok sosial

·      Elaborasi

ØBeberapa kelompok mempresentasikan hasil diskusi

·      Konfirmasi

ØGuru memberikan tanggapan terhadap performans dari siswa dengan memberikan penilaian apakah siswa telah memahami tentang proses terbentuknya kelompok sosial

ØGuru memberikan koreksi terhadap diskusi yang tidak relevan dengan konsep proses terbentuknya kelompok sosial

3.    Kegiatan Akhir (10’)

·      Memberikan pertanyaan postes tentang materi yang telah dipelajari

·      Menunjuk beberapa orang siswa untuk menyimpulkan materi pelajaran pada pertemuan ini

Pertemuan 3 (3 JP)

1.    Kegiatan Awal (10’)

·      Memberikan pertanyaan kepada siswa tentang materi pelajaran yang lalu yaitu konsep proses terbentuknya kelompok sosial

·      Menginformasikan tujuan pembelajaran untuk pertemuan kali ini yaitu mengkaji tentang syarat terbentuknya kelompok sosial

2.    Kegiatan Inti (115’)

·      Eksplorasi

ØSiswa dibagi menjadi beberapa kelompok

ØTiap-tiap kelompok berdiskusi untuk membuat performans tentang syarat terbentuknya kelompok sosial

ØKelompok   1 menampilkan tentang terbentuknya kelompok karena persamaan nasib

ØKelompok 2 menampilkan tentang terbentuknya kelompok karena persamaan kepentingan

ØKelompok  3 menampilkan tentang terbentuknya kelompok karena persamaan tujuan

ØKelompok 4 menampilkan tentang terbentuknya kelompok karena persamaan ideologi politik

ØKelompok  5 menampilkan tentang terbentuknya kelompok karena persamaan musuh

·      Elaborasi

ØSiswa secara berkelompok menampilkan performans dari syarat terbentuknya kelompok yang telah ditetapkan

ØSiswa dari kelompok lain memperhatikan performans yang ditampilkan

·      Konfirmasi

ØGuru memberikan tanggapan terhadap performans dari siswa dengan memberikan penilaian apakah siswa telah memahami tentang syarat terbentuknya kelompok

ØGuru memberikan koreksi terhadap performans yang tidak relevan dengan materi

3.    Kegiatan Akhir (10’)

·      Mengajukan beberapa pertanyaan untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap materi yang telah diajarkan

·      Meminta beberapa orang siswa untuk menyimpulkan materi pembelajaran.

Pertemuan 4 (3 JP)

1.    Kegiatan Awal (10’)

·      Memberikan pertanyaan kepada siswa tentang materi pelajaran yang lalu untuk mengulang kembali materi yang telah diajarkan

·      Menginformasikan tujuan pembelajaran untuk pertemuan kali ini yaitu klasifikasi kelompok sosial

2.    Kegiatan Inti (115’)

·      Eksplorasi

ØSiswa dibagi menjadi beberapa kelompok

ØTiap-tiap kelompok berdiskusi untuk membuat performans tentang syarat klasifikasi kelompok sosial

ØKelompok 1 menampilkan tentang klasifikasi kelompok berdasarkan besar kecilnya anggota kelompok

ØKelompok 2 menampilkan tentang klasifikasi kelompok berdasarkan derajat interaksi dalam kelompok

ØKelompok 3 menampilkan tentang klasifikasi kelompok berdasarkan kepentingan dan wilayah

ØKelompok 4 menampilkan tentang klasifikasi kelompok berdasarkan kelangsungan kepentingan

ØKelompok 5 menampilkan tentang klasifikasi kelompok berdasarkan derajat organisasi

·      Elaborasi

ØMasing-masing kelompok menampilkan performans tentang klasifikasi kelompok sosial

ØKelompok lain memperhatikan performans dan memberikan kritik dan saran kepada kelompok yang tampil

·      Konfirmasi

ØGuru memberikan tanggapan terhadap performans dari siswa dengan memberikan penilaian apakah siswa telah memahami tentang klasifikasi kelompok sosial

ØGuru memberikan koreksi terhadap performans yang tidak relevan dengan klasifikasi kelompok sosial

3.    Kegiatan Akhir (10’)

·      Mengajukan beberapa pertanyaan untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap materi yang telah diajarkan

·      Meminta beberapa orang siswa untuk menyimpulkan materi pembelajaran.

Pertemuan 5 (3 JP)

1.    Kegiatan Awal (10’)

·      Memberikan kesempatan kepada siswa membaca materi pelajaran pada pertemuan yang lalu

·      Memberikan beberapa pertanyaan untuk mengulang materi yang telah diajarkan

·      Menginformasikan tujuan pembelajaran untuk pertemuan kali ini yaitu melanjutkan klasifikasi kelompok sosial

2.    Kegiatan Inti (115’)

·      Eksplorasi

ØSiswa dibagi menjadi beberapa kelompok

ØMasing-masing kelompok mempersiapkan performans tentang klasifikasi kelompok sosial

ØKelompok 1 mengkaji tentang kelompok dari sudut pandang individu

ØKelompok 2 mengkaji tentang ingroup

ØKelompok 3 mengkaji tentang outgroup

ØKelompok 4 mengkaji tentang kelompok primer

ØKelompok 5 mengkaji tentang kelompok sekunder

ØKelompok 6 mengkaji tentang paguyuban

ØKelompok 7 mengkaji tentang patembayan

ØKelompok 8 mengkaji tentang formal group

·      Elaborasi

ØSecara bergantian tiap-tiap kelompok menampilkan performans berupa parodi atau drama singkat

ØKelompok lain memberikan tanggapan terhadap performans dari suatu kelompok

·      Konfirmasi

ØGuru memberikan tanggapan terhadap performans dari siswa dengan memberikan penilaian apakah siswa telah memahami tentang klasifikasi kelompok sosial

ØGuru memberikan koreksi terhadap tanggapan atau jawaban yang tidak relevan dengan materi pelajaran

3.    Kegiatan Akhir (10’)

·      Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang materi yang telah diajarkan

·      Menunjuk beberapa orang siswa untuk memberikan kesimpulan materi yang telah diajarkan

Pertemuan 6 (3 JP)

1.    Kegiatan Awal (10’)

·      Memberikan beberapa pertanyaan untuk mengulang materi yang telah diajarkan

·      Menginformasikan tujuan pembelajaran untuk pertemuan kali ini yaitu kelompok sosial yang tidak teratur

2.    Kegiatan Inti (115’)

·      Eksplorasi

ØSiswa dibagi menjadi beberapa kelompok

ØGuru membagikan kartu soal kepada masing-masing kelompok, masing-masing kelompok mendapatkan tugas untuk membuat performans tentang bentuk-bentuk stratifikasi sosial

ØKelompok 1 mengkaji tentang formal audience

ØKelompok 2 mengkaji tentang inconvenient aggregations

ØKelompok 3 mengkaji tentang panic crowds

ØKelompok 4 mengkaji tentang spectator crowds

ØKelompok 5 mengkaji tentang acting mobs

ØKelompok 6 mengkaji tentang publik

ØKelompok 7 mengkaji tentang masyarakat setempat

·      Elaborasi

ØSecara bergantian tiap-tiap kelompok menampilkan performans tentang kelompok sosial yang tidak teratur

ØKelompok lain memberikan tanggapan terhadap performans dari suatu kelompok

·      Konfirmasi

ØGuru memberikan tanggapan terhadap presentasi dari siswa

ØGuru memberikan koreksi terhadap tanggapan atau jawaban yang tidak relevan dengan materi pelajaran

3.    Kegiatan Akhir (10’)

·         Guru memberikan tanggapan terhadap performans dari siswa dengan memberikan penilaian apakah siswa telah memahami tentang kelompok sosial yang tidak teratur

·         Guru memberikan koreksi terhadap tanggapan atau jawaban yang tidak relevan dengan materi pelajaran

E.   Sumber belajar

·         Wikipedia ensiklopedi, Sosiologi suatu pengantar (Soerjono Seokanto),  Sosiologi (Paul B Horton dan Charles L Hunt)

·         Sumber dari artikel, internet dan bahan lain yang relevan    

F.   Penilaian Penilaian Performans

·         Performans tentang struktur sosial

·         Aspek yang dinilai:

·         Kecakapan akademis

·         Kecakapan sosial

·         Pedoman penskoran:

No.

Aspek Yang Dinilai

Kriteria

1.

1.   Kecakapan akademis

·         Penguasaan materi

Skor 5, jika penguasaan materi sangat baik

Skor 4, jika penguasaan materi baik

Skor 3, jika penguasaan materi sedang

Skor 2, jika penguasaan materi kurang

Skor 1, jika penguasaan materi sangat kurang

 

·         Pengembangan konsep

Skor 5, jika mampu mengembangkan konsep dengan sangat baik

Skor 4, jika mampu mengembangkan konsep dengan baik

Skor 3, jika cukup pengembangan konsepnya

Skor 2, jika kurang pengembangan konsepnya

Skor 1, jika sangat kurang pengembangan konsepnya

2.

Kecakapan sosial

·         Penghayatan peran

Skor 5, jika penghayatan peran sangat baik

Skor 4, jika penghayatan peran baik

Skor 3, jika penghayatan peran cukup

Skor 2, jika penghayatan peran kurang

Skor 1, jika penghayatan peran sangat kurang

 

·         Intonasi suara

Skor 5, jika intonasi suara sangat baik pada saat penampilan

Skor 4, jika intonasi suara baik pada saat penampilan

Skor 3, jika intonasi suara cukup pada saat penampilan

Skor 2, jika intonasi suara kurang pada saat penampilan

Skor 1, jika intonasi suara sangat kurang pada saat penampilan

 

·         Ekspresi

Skor 5, jika ekspresi sangat baik

Skor 4, jika ekspresi baik

Skor 3, jika ekspresi cukup

Skor 2, jika ekspresi kelompok kurang

Skor 1, jika ekspresi sangat kurang

FORMAT PENILAIAN PERFORMANS TENTANG KELOMPOK SOSIAL

No.

Aspek Yang Dinilai

Nama

Siswa

Kecakapan Akademis

Kecakapan Sosial

Penguasaan Konsep

Pengembangan Konsep

Penghayatan peran

Intonasi suara

ekspresi

1.

           

2.

           

3.

           

4.

           

5.

           

6.

           

7.

           

8.

           

                                                                                            Lisabon, 28 Desember 2011

            Mengetahui

Kepala Sekolah                                                                   Guru MataPelajaran

Ferdinand, S.Pd                                                                 Anggun K, S.Pd

            NIP. 196502101988031002                                            NIP. 19820203 200803                                                  

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Desember 28, 2011 in TUGAS RPP

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: