RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMA N 1 Cepu
Kelas /Semester : XI/ 1
Program : IPS
Mata Pelajaran : Sosiologi
Jumlah Pertemuan : ( 1 X pertemuan)
Standar Kompetensi : 1. Memahami struktur sosial serta berbagai faktor penyebab konflik dan mobilitas sosial
Kompetensi Dasar : 1.1 Mendeskripsikan bentuk-bentuk struktur sosial dalam fenomena kehidupan masyarakat
Indikator
- Mendefinisikan tentang diferensiasi sosial
- Mengklasifikasi bentuk-bentuk diferensiasi sosial
- Menganalisis berbagai bentuk-bentuk diferensiasi sosial
Tujuan Pembelajaran
Setelah diadakannya proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat :
- Menjelaskan dengan kata-kata sendiri pengertian dari diferensiasi sosial
- Mengklasifikasikan berbagai bentuk-bentuk diferensiasi sosial
- Menganalisis berbagai bentuk-bentuk diferensiasi sosial
Materi Pembelajaran
- Definisi diferensiasi sosial
- Bentuk –bentuk diferensiasi sosial
Aloksi Waktu : 2×45
Model Pembelajaran : Examples non examples
Kegiatan Pembelajaran
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Keterangan |
Pendahuluan 1. Mempersiapkan kelas untuk pembelajaran 2. Melakukan Apresepsi, yakni guru menanyakan kepada peserta didik tentang apa yang mereka ketahui dari materi diferensiasi sosial 3. Guru menyampaikan tujuan dan kegunaan mempelajari materi diferensiasi sosial 4. Guru menyampaikan cakupan materi dari bab diferensiasi sosial |
15 menit | ||
Kegiatan Inti Eksplorasi
Elaborasi Dilakukan diskusi kelompok dengan langkah-langkah sebagai berikut:
Konfirmasi
|
45 menit | ||
Kegiatan Akhir
|
30 menit |
Metode Pembelajaran
- Ceramah
- Kerja mandiri
- Diskusi
Media Pembelajaran
- Gambar
Sumber Bahan
- Buku paket sosiologi SMA kelas 2 smester 1 Yudhistira
- Masalah-masalah yang menyangkut diferensiasi sosial di Indonesia
- Media massa, seperti Koran , majalah dan televisi
Penilaian
- Test Tulis
- Diskusi kelompok
Mengetahui:
Cepu, 22 Desember 2011
Kepala Sekolah SMA Guru Kelas/Bidang studi
Salman Aria, S.Pd Nanditha Sari, S.Pd