RSS

RPP Sosiologi SMA Kelas XI

22 Des


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Satuan Pendidikan                             : SMA N 1 Cepu

Kelas /Semester                                : XI/ 1

Program                                            : IPS

Mata Pelajaran                                   : Sosiologi

Jumlah Pertemuan                             : ( 1 X pertemuan)

Standar Kompetensi                           : 1. Memahami struktur sosial serta berbagai faktor penyebab konflik dan mobilitas sosial

Kompetensi Dasar                              : 1.1 Mendeskripsikan bentuk-bentuk struktur sosial dalam fenomena kehidupan masyarakat
Indikator

  • Mendefinisikan tentang diferensiasi sosial
  • Mengklasifikasi bentuk-bentuk diferensiasi sosial
  • Menganalisis berbagai bentuk-bentuk diferensiasi sosial



Tujuan Pembelajaran

Setelah diadakannya proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat :

  • Menjelaskan dengan kata-kata sendiri pengertian dari diferensiasi sosial
  • Mengklasifikasikan berbagai bentuk-bentuk diferensiasi sosial
  • Menganalisis berbagai bentuk-bentuk diferensiasi sosial

Materi Pembelajaran

  • Definisi diferensiasi sosial
  • Bentuk –bentuk diferensiasi sosial

Aloksi Waktu                            : 2×45

Model  Pembelajaran              : Examples non examples
Kegiatan Pembelajaran

No. Kegiatan Pembelajaran Alokasi Waktu Keterangan
 

Pendahuluan

1. Mempersiapkan kelas untuk pembelajaran

2.  Melakukan Apresepsi, yakni guru menanyakan kepada peserta didik tentang apa yang mereka ketahui dari materi diferensiasi sosial

3. Guru menyampaikan tujuan dan kegunaan mempelajari materi diferensiasi sosial

4. Guru menyampaikan cakupan materi dari bab diferensiasi sosial

15 menit  
 

Kegiatan Inti

Eksplorasi

  1. Guru melibatkan peserta didik untuk mencari pengertian dari diferensiasi sosial dan bentuk-bentuknya dari berbagai literatur.

Elaborasi

Dilakukan diskusi kelompok dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Guru menampilkan gambar-gambar tentang bentuk deferensiasi sosial berdasarkan ras dan etnis
  2. Guru membagi peserta menjadi beberapa kelompok, kemudian mereka ditugaskan untuk membuat analisis tentang berbagai diferensiasi sosial
  3. Guru meminta masing-masing kelompok untuk mempresentasikan review yang telah mereka buat dan kelompok yang lain bertugas untuk mencatat review tersebut

Konfirmasi

  1. Guru memberi penjelasan terhadap hal-hal yang tidak dimengerti oleh peserta didik mengenai materi yang sedang dibahas
  2. Guru memberikan penguatan materi kepada peserta didik
45 menit  
 

Kegiatan Akhir

  1. Guru melakukan evaluasi berupa test tulis
  2. Guru memberi tugas mengumpulkan artikel yang berhubungan dengan diferensiasi sosial yang ada di Indonesia
30  menit  

Metode Pembelajaran

  • Ceramah
  •  Kerja mandiri
  •  Diskusi

Media Pembelajaran

  • Gambar

Sumber Bahan

  • Buku paket sosiologi SMA kelas 2 smester 1 Yudhistira
  • Masalah-masalah yang menyangkut diferensiasi sosial di Indonesia
  • Media massa, seperti Koran , majalah  dan televisi

Penilaian

  • Test Tulis
  • Diskusi kelompok

Mengetahui:

Cepu, 22 Desember 2011

Kepala Sekolah SMA                                                                    Guru Kelas/Bidang studi

Salman Aria, S.Pd                                                                        Nanditha Sari, S.Pd


 
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: