RSS

RPP Kelas 2 SMT 2

28 Des

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan

:

SMA NEGERI 1 LISABON

Mata Pelajaran

:

SOSIOLOGI

Kelas / semester

:

XI IPS/ 2

Alokasi waktu

:

9 x 45 menit

Standar kompetensi

:

Mendeskripsikan kelompok sosial dalam masyarakat multikultural

Kompetensi dasar

:

Mendeskripsikan perkembangan kelompok sosial dalam masyarakat multikultural

Indikator

:

§Mendefinisikan masyarakat multikultural

§Mendeskripsikan perkembangan masyarakat Indonesia yang multikultur

§Mengidentifikasi latar belakang kemajemukan masyarakat Indonesia


A.  Tujuan Pembelajaran

1. Siswa dapat menjelaskan pengertian masyarakat multikultural

2.      Siswa dapat deskripsikan perkembangan masyarakat Indonesia yang multikultur

3.      Siswa dapat mengidentifikasi latar belakang kemajemukan masyarakat Indonesia

B.  Materi Pokok / Pembelajaran

·     Masyarakat Multikultural

C. Metode Pembelajaran

     Diskusi kelompok problem solving, jigsaw

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1 (3 JP)                 

1.    Kegiatan Awal (10’)

·      Menginformasikan tujuan pembelajaran yaitu mendefinisikan masyarakat multikultural

·      Memotivasi siswa untuk mengetahui lebih lanjut tentang masyarakat multikultural

2.    Kegiatan Inti (115’)

·      Eksplorasi

ØSiswa secara berkelompok mendiskusikan definisi masyarakat multikultural menurut J.S Furnival, Nasikun, Clifford Geertz, dan Pierre Van den Berghe

ØMasing-masing kelompok memberikan contoh kasus untuk tiap definisi

·      Elaborasi

ØBeberapa kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang definisi masyarakat multikultural

ØKelompok lain memperhatikan materi presentasi

·      Konfirmasi

ØGuru memberikan konfirmasi dengan mengoreksi pendapat yang salah dan memberikan penegasan pada jawaban yang benar

ØKelompok yang mengajukan jawaban yang kurang tepat diharapkan memperbaiki jawaban tersebut

3.    Kegiatan Akhir (10’)

·      Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang materi yang telah diajarkan

·      Menunjuk beberapa orang siswa untuk menyimpulkan materi pelajaran

Pertemuan 2 (3 JP)

1.    Kegiatan Awal (10’)

·      Mempersiapkan siswa dengan mengajukan pertanyaan tentang materi sembelumnya yaitu definisi masyarakat multikultural

·      Menginformasikan tujuan pembelajaran kali ini yaitu tentang perkembangan masyarakat Indonesia yang multikultur

2.    Kegiatan Inti (115’)

·      Eksplorasi

ØSiswa secara berkelompok mendiskusikan jenis-jenis konflik sosial untuk membuat suatu performans berupa parodi atau drama singkat

ØKelompok 1 mengkaji tentang kelompok sosial berdasarkan ras

ØKelompok 2 mengkaji tentang kelompok sosial berdasarkan bahasa

ØKelompok 3 mengkaji tentang kelompok sosial berdasarkan suku bangsa

ØKelompok 4 mengkaji tentang kelompok sosial berdasarkan agama

·      Elaborasi

ØBeberapa kelompok mempresentasikan adegan drama singkat atau parodi tentang konflik sosial

ØKelompok lain memperhatikan materi presentasi

·      Konfirmasi

ØGuru memberikan konfirmasi dengan mengoreksi performans siswa

ØKelompok yang mengajukan jawaban yang kurang tepat diharapkan memperbaiki jawaban tersebut

3.    Kegiatan Akhir (10’)

·      Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang perkembangan masyarakat Indonesia yang multikultur

·      Mengajukan beberapa pertanyaan penutup kepada siswa untuk mengecek pemahaman siswa terhadap materi pelajaran

·      Menunjuk beberapa orang siswa untuk menyimpulkan materi pelajaran

Pertemuan 3 (3JP)

1.    Kegiatan Awal (10’)

·      Mengajukan pertanyaan tentang materi sebelumnya tentang perkembangan masyarakat Indonesia yang multikultur

·      Menginformasikan tujuan pembelajaran kali ini yaitu tentang latar belakang kemajemukan masyarakat Indonesia

2.    Kegiatan Inti (115’)

·      Eksplorasi

ØSiswa secara berkelompok mendiskusikan tentang latar belakang kemajemukan masyarakat Indonesia yaitu sebagai berikut:

üLatar belakang historis

üKondisi geografis

üKeterbukaan terhadap kebudayaan luar

ØMasing-masing kelompok memberikan contoh kasus dari latar belakang kemajemukan masyarakat Indonesia

·      Elaborasi

ØBeberapa kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang latar belakang kemajemukan masyarakat Indonesia

ØKelompok lain memperhatikan materi presentasi

·      Konfirmasi

ØGuru memberikan konfirmasi dengan mengoreksi pendapat yang salah dan memberikan penegasan pada jawaban yang benar

ØKelompok yang mengajukan jawaban yang kurang tepat diharapkan memperbaiki jawaban tersebut

3.    Kegiatan Akhir (10’)

·      Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang materi yang telah diajarkan

·      Menunjuk beberapa orang siswa untuk menyimpulkan materi pelajaran

E.   Alat, bahan dan sumber belajar

·         Wikipedia ensiklopedi, Sosiologi suatu pengantar (Soerjono Seokanto),  Sosiologi (Paul B Horton dan Charles L Hunt)

·         Sumber dari artikel, internet dan bahan lain yang relevan

F.    Penilaian

  1. Jenis tagihan     : soal esai

1.       Apakah yang dimaksud dengan masyarakat multikultural menurut pendapat anda?

2.       Deskripsikan ciri-ciri masyarakat majemuk menurut Pierre L Van den Berghe!

3.       Apakah yang dimaksud dengan masyarakat majemuk dengan mayoritas dominan?

4.       Apakah yang dimaksud dengan masyarakat majemuk dengan fragmentasi?

5.       Deskripsikan latar belakang kemajemukan masyarakat Indonesia!

  1. Bentuk instrumen  : uraian

                                                                                                Lisabon, 28 Desember 2011

Mengetahui

Kepala Sekolah                                                                      Guru Mata Pelajaran

Ferdinand, S.Pd                                                                       Anggun K, S.Pd

NIP. 196502101988031009                                                      NIP. 198202032008031001


 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Desember 28, 2011 inci TUGAS RPP

 

Tinggalkan komentar