RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan |
: |
SMA NEGERI 1 LISABON |
Mata Pelajaran |
: |
SOSIOLOGI |
Kelas / semester |
: |
XI IPS/ 2 |
Alokasi waktu |
: |
9 x 45 menit |
Standar kompetensi |
: |
Mendeskripsikan kelompok sosial dalam masyarakat multikultural |
Kompetensi dasar |
: |
Mendeskripsikan perkembangan kelompok sosial dalam masyarakat multikultural |
Indikator |
: |
§Mendefinisikan masyarakat multikultural §Mendeskripsikan perkembangan masyarakat Indonesia yang multikultur §Mengidentifikasi latar belakang kemajemukan masyarakat Indonesia |
A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menjelaskan pengertian masyarakat multikultural
2. Siswa dapat deskripsikan perkembangan masyarakat Indonesia yang multikultur
3. Siswa dapat mengidentifikasi latar belakang kemajemukan masyarakat Indonesia
B. Materi Pokok / Pembelajaran
· Masyarakat Multikultural
C. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok problem solving, jigsaw
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 (3 JP)
1. Kegiatan Awal (10’)
· Menginformasikan tujuan pembelajaran yaitu mendefinisikan masyarakat multikultural
· Memotivasi siswa untuk mengetahui lebih lanjut tentang masyarakat multikultural
2. Kegiatan Inti (115’)
· Eksplorasi
ØSiswa secara berkelompok mendiskusikan definisi masyarakat multikultural menurut J.S Furnival, Nasikun, Clifford Geertz, dan Pierre Van den Berghe
ØMasing-masing kelompok memberikan contoh kasus untuk tiap definisi
· Elaborasi
ØBeberapa kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang definisi masyarakat multikultural
ØKelompok lain memperhatikan materi presentasi
· Konfirmasi
ØGuru memberikan konfirmasi dengan mengoreksi pendapat yang salah dan memberikan penegasan pada jawaban yang benar
ØKelompok yang mengajukan jawaban yang kurang tepat diharapkan memperbaiki jawaban tersebut
3. Kegiatan Akhir (10’)
· Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang materi yang telah diajarkan
· Menunjuk beberapa orang siswa untuk menyimpulkan materi pelajaran
Pertemuan 2 (3 JP)
1. Kegiatan Awal (10’)
· Mempersiapkan siswa dengan mengajukan pertanyaan tentang materi sembelumnya yaitu definisi masyarakat multikultural
· Menginformasikan tujuan pembelajaran kali ini yaitu tentang perkembangan masyarakat Indonesia yang multikultur
2. Kegiatan Inti (115’)
· Eksplorasi
ØSiswa secara berkelompok mendiskusikan jenis-jenis konflik sosial untuk membuat suatu performans berupa parodi atau drama singkat
ØKelompok 1 mengkaji tentang kelompok sosial berdasarkan ras
ØKelompok 2 mengkaji tentang kelompok sosial berdasarkan bahasa
ØKelompok 3 mengkaji tentang kelompok sosial berdasarkan suku bangsa
ØKelompok 4 mengkaji tentang kelompok sosial berdasarkan agama
· Elaborasi
ØBeberapa kelompok mempresentasikan adegan drama singkat atau parodi tentang konflik sosial
ØKelompok lain memperhatikan materi presentasi
· Konfirmasi
ØGuru memberikan konfirmasi dengan mengoreksi performans siswa
ØKelompok yang mengajukan jawaban yang kurang tepat diharapkan memperbaiki jawaban tersebut
3. Kegiatan Akhir (10’)
· Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang perkembangan masyarakat Indonesia yang multikultur
· Mengajukan beberapa pertanyaan penutup kepada siswa untuk mengecek pemahaman siswa terhadap materi pelajaran
· Menunjuk beberapa orang siswa untuk menyimpulkan materi pelajaran
Pertemuan 3 (3JP)
1. Kegiatan Awal (10’)
· Mengajukan pertanyaan tentang materi sebelumnya tentang perkembangan masyarakat Indonesia yang multikultur
· Menginformasikan tujuan pembelajaran kali ini yaitu tentang latar belakang kemajemukan masyarakat Indonesia
2. Kegiatan Inti (115’)
· Eksplorasi
ØSiswa secara berkelompok mendiskusikan tentang latar belakang kemajemukan masyarakat Indonesia yaitu sebagai berikut:
üLatar belakang historis
üKondisi geografis
üKeterbukaan terhadap kebudayaan luar
ØMasing-masing kelompok memberikan contoh kasus dari latar belakang kemajemukan masyarakat Indonesia
· Elaborasi
ØBeberapa kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang latar belakang kemajemukan masyarakat Indonesia
ØKelompok lain memperhatikan materi presentasi
· Konfirmasi
ØGuru memberikan konfirmasi dengan mengoreksi pendapat yang salah dan memberikan penegasan pada jawaban yang benar
ØKelompok yang mengajukan jawaban yang kurang tepat diharapkan memperbaiki jawaban tersebut
3. Kegiatan Akhir (10’)
· Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang materi yang telah diajarkan
· Menunjuk beberapa orang siswa untuk menyimpulkan materi pelajaran
E. Alat, bahan dan sumber belajar
· Wikipedia ensiklopedi, Sosiologi suatu pengantar (Soerjono Seokanto), Sosiologi (Paul B Horton dan Charles L Hunt)
· Sumber dari artikel, internet dan bahan lain yang relevan
F. Penilaian
- Jenis tagihan : soal esai
1. Apakah yang dimaksud dengan masyarakat multikultural menurut pendapat anda?
2. Deskripsikan ciri-ciri masyarakat majemuk menurut Pierre L Van den Berghe!
3. Apakah yang dimaksud dengan masyarakat majemuk dengan mayoritas dominan?
4. Apakah yang dimaksud dengan masyarakat majemuk dengan fragmentasi?
5. Deskripsikan latar belakang kemajemukan masyarakat Indonesia!
- Bentuk instrumen : uraian
Lisabon, 28 Desember 2011
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Ferdinand, S.Pd Anggun K, S.Pd
NIP. 196502101988031009 NIP. 198202032008031001